Ujian SIM Itu Mudah, Pelajari Materi Tes Praktik dan Teori di Sini Imam Safii

Iklan Semua Halaman

Ujian SIM Itu Mudah, Pelajari Materi Tes Praktik dan Teori di Sini Imam Safii

SyberNews.com
3/24/2020


Sybernews.com -. Ujian untuk mendapatkan SIM dinilai sulit. Tak sedikit yang gugur dalam ujian SIM. Rupanya, materi ujian SIM sebenarnya bisa dipelajari terlebih dahulu.


 Agar memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), maka harus melewati serangkaian ujian yang terdiri dari tes kesehatan, praktik dan teori. Namun, banyak masyarakat yang ternyata tak lulus ujian SIM. Sehingga membuat mereka harus melakukan beberapa kali pengajuan SIM.
Menurut Kasie SIM Ditlantas Polda Metro jaya, Kompol Fahri Siregar rata-rata pemohon yang gagal membuat SUM lantaran tak mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum ujian SIM. Padahal, materi ujian SIM menurutnya bisa dipelajari.
"Layaknya ujian, setiap peserta uji SIM sebaiknya belajar dan berlatih dahulu sebelum mengajukan diri. Materi teori dapat dipelajari di website Korlantas Polri," ungkap Fahri.
Sedangkan materi ujian praktik, bisa dipelajari di dalam buku PeraturanKapolri Nomor 9 tahun 2019. Kedua materi tersebut bisa didapatkan dan diakses secara online.

Uang Pengajuan Dikembalikan

Ujian SIM memang terdiri dari dua tahap, tes tulis dan praktik. Kedua ujian tersebut saling berkaitan, untuk memastikan pemohon telah memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikankendaraan bermotor di berbagai situasi dan kondisi.
Jika pemohon gagal pada salah satu dari dua tes tersebut, maka harus mengulang setelah masa tenggang, tujuh hari, 14 hari, dan 30 hari. Sementara jika pemohon tidak mengulang, tidak datang kembali, atau tidak ada keterangan, uang yang dibayarkan akan dikembalikan. ( O ) 
Baca Juga